Selasa, 27 September 2011

Diskriminasi Sekolah dan Guru Swasta

Kebumen. Sekolah swasta dan para gurunya sampai saat ini masih diperlakukan kurang adil oleh pemerintah. Perlakuan diskriminatif itu terlihat dalam pengalokasian bantuan APBN atau APBD kepada sekolah swasta yang sangat timpang dibandingkan sekolah negeri, begitu juga dalam hal sertifikasi guru.
 
Dalam hal pemberian bantuan dana pembangunan gedung-gedung sekolah lebih mengutamakan dan memberikan porsi yang besar kepada sekolah negeri, sekolah swasta lebih banyak membangun gedung secara swadaya dan jarang yg mendapatkan alokasi dari pemerintah. Kondisi ini jelas sangat-lah tidak adil karena bagaimanapun juga, sekolah swasta juga berperan dan berkontribusi besar dalam mendidik anak bangsa.
 
Dalam sertifikasi guru terdapat mencolok antara guru swasta dan negeri. Hingga saat ini, banyak daerah baru sekitar 10 % guru swasta yang disertifikasi, sedangkan untuk guru sekolah negeri sudah mencapai 40% bersertifikasi.
 
Karena itu, pemerintah harus memperhatikan dan mewujudkan keadilan bagi sekolah dan guru swasta terutama menyangkut kesejahteraanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar